Wujud Kasih Sayang, Desa Adat Kerobokan Gelar Donor Darah

 05 September 2022    Dibaca: 212 Pengunjung

Wujud Kasih Sayang, Desa Adat Kerobokan Gelar Donor Darah.

Desa Adat Kerobokan Kerobokan bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Badung menggelar aksi donor darah di Wantilan Pura Petitenget, Badung, Minggu 4 September 2022.

Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutardja selaku Ketua Panitia mengatakan selain untuk menyosialisasikan Rahinan Tumpek Krulut sebagai hari kasih sayang Bali, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke-77.

Usai pelaksanaan kegiatan yang hanya berlangsung 3 jam ini terkumpul 27 kantong darah dari sebelumnya 65 peserta yang mendaftar karena sisanya terkendala kondisi kesehatan.

Kata dia, kegiatan serupa sempat dilakukan namun sejak pandemi covid-19 menjadi terhenti. Maka itu, mulai sejak saat ini mulai digiatkan kembali dan berharap dilakukan rutin setahun 3 kali.

"Sebelum covid-19 pernah ada, sekarang kita mau efektifkan lagi lumbung darah di kerobokan. Kalau bisa 1 tahun 3 kali," ujarnya.

Sementara tokoh Desa Adat Kerobokan sekaligus Panitia kegiatan donor darah, AA Bagus Bayu Joni Saputra, mengimbau warga Desa Adat Kerobokan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini karena setetes darah pendonor bisa sejuta harapan hidup bagi mereka yang membutuhkan.

Di sisi lain, Kepala Markas PMI Kabupaten Badung I Wayan Wardika. S.Pd mengatakan Desa Adat Kerobokan selalu peduli akan kondisi sosial khususnya kegiatan sosial kemanusiaan melalui PMI Kabupaten Badung dimana kegiatan ini akan diagendakan rutin tiap 4 bulan sekali.

"Kerja sama ini selalu kita bergandengan tangan PMI Badung di bawah pimpinan Ketua bapak Kompyang R Swandika, SH.MH sebagai pengurus," ungkapnya selaku pelaksana program kerja PMI Badung.

Disamping kegiatan sosial donor darah yang dilakukan pertama kali saat pandemi covid-19 di Desa Adat Kerobokan, pihaknya juga melakukan siaga kesehatan dengan mengadakan vaksin bersama yang difasilitasi desa adat.

"Capaian vaksin kedua hampir seluruh masyarakat berdomisili di Desa Adat Kerobokan 78 persen sudah vaksinasi dengan fasilitasi desa adat," ujarnya sembari menambahkan pihaknya gencar sosialisasi tugas pokok dan fungsi program PMI Badung dalam pelayanan kepada masyarakat.

TAGS :